Search

Content

Kamis, 21 Maret 2019

Ayah ada Ayah Tiada



Sebenarnya judul tema ini saya ambilkan dari judul buku tulisan ust Irwan Rinaldi salah seorang praktisi fatherhood ,berisi tulisan puisi anak-anak yang mengharapkan kehadiran ayahnya tidak hanya fisik tapi juga utuh mendampingi mereka secara psikologis. Sempat berdiskusi lama dengan beliau, baik saat seminar, dan kebetulan pernah kerumah kami untuk berdiskusi.

Kehadiran ayah dalam pengasuhan sangatlah penting, sehingga peran ayah tidak hanya sebagai pencari nafkah saja namun juga berperan sebagai nahkoda dalam pengasuhan sebuah keluarga.

Peran ayah sangat penting dalam pembentukan ego anak , menahkodai keluarga dalam membuat family core mision maupun family strategic planing, membersamai anak dalam menghadapi fase Aqil baligh,dll

Kenapa tema-tema tentang kehadiran Ayah sering coba disampaikan?,karena selama ini secara jamak,masyarakat kita menganggap peran pengasuhan ya tanggung jawab ibu,  sampai bahkan ketika ada ayah yang berbelanja sayur mayur di warung atau pasar,biasanya akan ada yang bertanya ,ibunya mana pak?

Saya aktif di dunia sosial dan kemanusiaan sejak tahun 2005,dan banyak menjumpai, kasus-kasus sosial seringkali ada karena tidak hadirnya ayah dalam pengasuhan keluarga.
---
Ayah..
Pernahkah ayah, sebelum berangkat bekerja menyempatkan waktu untuk sejenak berpamitan dengan khidmat kepada anak-anak, menunduk,mencium tangan ananda kemudian berkata, nak doakan ayah ya nak, ayah akan berangkat mencari nafkah yang halal untuk keluarga kita...Doakan ayah ya nak..
Ayah..Momen perpisahan itu saat yang paling membuat sedih ananda

Ayah..
Pernahkah ayah bercerita saat menjelang tidur anak-anak, sambil menceritakan tentang gagahnya Rasulullah, Umar bin Khatab, Khalid bin Walid,dan sahabat yang lain, kemudian menggendong ananda di pundak,atau membiarkan ananda bergelantungan dipundak? Ayah..Ananda akan belajar banyak tentang kegagahan itu dari ayah..

Ayah..
Pernahkah ayah menanyakan sambil memeluk ananda, kondisi ananda hari ini? Apakah bahagia?Ataukah sedang sedih? ..
Ayah masuklah kedalam relung jiwa ananda

Ayah..
Hayuk kita hadir membersamai istri kita dalam pengasuhan 😊


---

Oh ya, jika Ayah atau Bunda menginginkan e book Ayah Ada Ayah Tiada bisa kontak saya di email indrabudilegowo@gmail.com , gratis.

0 komentar:

Posting Komentar

Sahabat

Berlangganan Artikel

Kontak Saya

email : indrabudilegowo@gmail.com

Facebook : Indra Budi Legowo

Entri Populer Pekan Ini

Artikel Terbaru

Arsip Blog