Search

Content

Kamis, 31 Januari 2019

Kete' Kessu Tana Toraja




Salah satu destinasi di Toraja adalah Kete' Kessu. Destinasi ikonik dimana kita bisa menemukan desa adat dengan keunikan tradisi dan kerifan lokalnya.

Kete' Kessu merupakan obyek wisata domestik yang popularitasnya sudah sampai ke Mancanegara. Disini kita bisa mendapati rumah adat Toraja yang masih asli, Tongkonan dengan lumut diatapnya. Menunjukkan keindahan arsitektur Toraja. Atap lengkung seperti perahu ini merupakan rumah adat Khas Suku Toraja. Didepan Tongkonan terdapat Alang yang biasa dijadikan lumbung oleh warga.

Deretan rapi Alang di seberang tongkonan

Beberapa tongkonan dihiasi oleh deretan kepala kerbau, yang menandakan banyaknya pesta yang sudah dilakukan, sebagai salah satu bukti kekayaan sang pemilik rumah. Pengunjung juga bisa masuk ke salah satu rumah yang sudah dijadikan museum, dengan membayar retribusi seikhlasnya ke warga yang mengelola.

Pekuburan
Dibagian belakang ada jalan menuju pekuburan, pemakaman di Toraja unik, bukan di kubur tetapi peti mati di tempatkan di tebing tebing, peti mati jenazah ditemani oleh boneka kayu yang disebut Tau tau , di pekuburan ini kita bisa meyaksikan deretan peti mati digantung di celah-celah bukit. Ada beberapa peti jenazah yang nampak sudah lapuk, sehingga tengkorak dan tulang-tulang jenazah nampak secara jelas. Sebaiknya pengunjung tetap menghormati tengkorak jenazah, sangat tidak etis ketika berpose dengan dengan tengkorak jenazah ini secara berlebihan, seperti memegang tengkorak atau bahkan memainkannya.

salah satu peti mati di bukit yang sudah lapuk 

Selain pekuburan di bukit, ternyata disini sudah ada pekuburan dalam bentuk rumah yang lebih modern.

pemakaman modern salah satu keluarga di kete' kessu

Kedai Kopi dan Toko Oleh-oleh
Diantara Tongkonan dan Pekuburan terdapat kedai kopi Toraja , secangkir kopi toraja menambah sensasi kunjungan kita ke kete' kessu, ada beberapa kedai kopi toraja bisa dijumpai disini.
Toko oleh-oleh khas Toraja juga terdapat disini, pengunjung bisa membeli miniatur tongkonan, golok toraja, dan oleh-oleh khas toraja yang lain. Banyak insight yang bisa kita dapatkan ketika berkunjung ke Kete' Kessu, silahkan berbagi men temen di kolom komentar ^_^

Salah satu kedai kopi toraja di kete' kessu

miniatur tongkonan bisa di beli di toko oleh-oleh



----------
Untuk memasuki Kete' Kessu, pengunjung hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang. Dan perlu diingat, kita harus menghargai cagar budaya ini dengan menjaganya , dengan cara :
1. Tidak Mencorat - coret apapun, lebih baik selfie untuk meninggalkan jejak kunjungan
2. Memegang, memindahkan, mengambil apapun dari tempatnya termasuk tengkorak dan tulang dari makam.

himbauan ini terpampang di papan informasi di lokasi


0 komentar:

Posting Komentar

Sahabat

Berlangganan Artikel

Kontak Saya

email : indrabudilegowo@gmail.com

Facebook : Indra Budi Legowo

Entri Populer Pekan Ini

Artikel Terbaru

Arsip Blog