Search

Content

Selasa, 15 Januari 2019

Cara Membuat Paspor 1




Saat ini travelling ke luar negri sudah semakin mudah, apalagi beberapa tiket pesawat ke Luar Negri lebih murah daripada pesawat domestik. Untuk memulai perjalanan ke luar negri salah satu yang paling di butuhkan adalah Paspor. 

Menurut lama resmi wikipedia, Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.
Paspor berisi biodata pemegangnya yang meliputi antara lain foto pemegang, tanda tangan, tempat dan tanggal kelahiran, informasi kebangsaan dan kadang-kadang juga beberapa informasi lain mengenai identifikasi individual.
Sehingga Paspor ini menjadi sesuatu yang mutlak harus ada ketika kita berkunjung ke Luar Negri, baik untuk travelling,study, atau kunjungan ibadah seperti Umroh.
Ini adalah pengalaman saya, diakhir tahun 2018 saat membuat paspor untuk kepentingan ibadah Umroh, untuk umroh pembuatan paspor ada dokumen tambahan yang dibutuhkan, berikut langkah-langkah pembuatan paspor yang saya lakukan.

1. Langkah pertama adalah menginstall aplikasi Layanan Paspor Online dari Play Store untuk pengguna Android, ini untuk mendaftar antrian untuk pembuatan paspor. Saya waktu pertama, datang langsung ke kantor imigrasi, ternyata tidak dilayani dan diminta untuk instal aplikasi ini, dari aplikasi ini kita akan mendaftar di kantor Imigrasi terdekat dari tempat tinggal kita, cari tanggal dimana masih ada nomor antrian karena ada batasan kuota antrian setiap harinya.


2. Setelah daftar online dan mendapatkan jadwal antrian di kantor imigrasi, siapkan kelengkapan data data, yaitu : KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran atau Ijazah ( saat pertama saya bawa ijazah S1 ternyata tidak diperkenankan, harus pakai ijazah SMA ke bawah) atau kartu nikah. Untuk persyaratan umroh ada tambahan dokumen yang dibutuhkan, yaitu surat dari biro umroh yang tertuju ke Kepala Imigrasi, dan Surat Rekomendasi dari Departemen Agama tentang legalitas biro Umroh. Surat ini diurus di kantor Depag dengan membawa surat dari Biro Umroh yang menerangkan perijinan Biro Umroh.

contoh surat rekoendasi depag :




Bersambung ...

Cara pembuatan paspor 2



0 komentar:

Posting Komentar

Sahabat

Berlangganan Artikel

Kontak Saya

email : indrabudilegowo@gmail.com

Facebook : Indra Budi Legowo

Entri Populer Pekan Ini

Artikel Terbaru

Arsip Blog