Search

Content

Rabu, 19 September 2018

Respon Korban Gempa Lombok Yang Mengungsi Ke Pulau Sembilan Sinjai



Sekitar takhir agustus 2018, kami mendapat kabar, bahwa ada beberapa keluarga yang mengungsi dari Lombok ke pulau Sembilan Sinjay, dan ada dua orang bayi n balita yang ikut didalam perahu yang dijadikan kendaraan untuk mengungsi. Wow, kami terkejut, jarak yang cukup jauh dari lombok menuju Pulau Sembilan Sinjai yang terletak di Sulawesi Selatan.


Kira-kira jarak lombok - pulau sembilan

Mengetahui hal tersebut, kemudian kami mengirimkan tim untuk mengecek dan asessment kondisi mereka. Perjalanan ke Pulau Sembilan memakan waktu sekitar 6 jam dari Makassar, dan harus menyeberang menggunakan perahu menuju pulau.



Akhirnya, berkolaborasi dengan lembaga lain,kami memutuskan untuk memberikan bantua cooking set, peralatan masak yang terdiri dari kompor, tabung gas, dan peralatan masak lain agar penyintas / pengungsi bisa bertahan. Alhamdulillah warga pulau sembilan juga menyambut baik kedatangan mereka. Ini bagi saya juga menunjukkan ketangguhan mereka menyeberangi lautan dengan hanya menggunakan perahu sederhana. Berikut salah satu release yang sudah di muat  di media :

PKPU HI Sulsel Salurkan Bantuan Korban Gempa Lombok di Pulau Sembilan

TRIBUNNEWS.COM, SINJAI - Tim PKPU Human Inisiatif (HI) Sulawesi-Selatan (Sulsel) tiba di Pelabuhan Cappa Ujung Kabupaten Sinjai, Untuk bertolak ke Pulau Sembilan, setelah menempuh perjalanan sekitar 6 jam dari Kota Makassar. Tim di dampingi langsung oleh Kabid. PDG PKPU HI Hamka Abdi Kusuma.
Perjalanan yang ditempuh dari pelabuhan Cappa Ujung ke Pulau Sembilan kurang lebih 20 menit dengan menggunakan Speed Boat bersama dengan 5 orang Tim Rescue PKPU HI SulSel, pada Rabu (19/9/2018).
Hamka menyampaikan, PKPU HI Sulsel tetap komitmen untuk mendukung dan membantu korban gempa Lombok.

"Kegiatan yang menjadi rangkaian Program "Peduli Lombok " ini menyalurkan bantuan berupa Cooking Set kepada pengungsi korban gempa Lombok yang berada di Pulau Sembilan," ujarnya.
Dia menyatakan, mereka berada di pulau tersebut sejak 18 Agustus 2018,. Penyaluran bantuan ini merupakan hasil Assessment dari Tim PKPU Human Initiative, setelah melihat langsung kebutuhan pengungsi di Pulau Sembilan," jelas Hamka.
Cooking Set disalurkan kepada 20 Kepala Keluarga (KK), yang terdiri dari Tabung gas, selang dan regulator, kompor gas dan alat masak.

Penyaluran ini dihadiri langsung oleh  H. Arifuddin selaku Kepala Desa Pulau Buhung Pitue, Kecamatan pulau Sembilan Kabupaten Sinjai beserta jajarannya.
Ibu Atika, salah satu penerima manfaat mengungkapkan kesyukurannya sebab selama mengungsi dia bersama pengungsi lain harus bergantung kepada warga setempat untuk keperluan memasak.
"Saya sangat senang karena dapat membantu dalam memasak di dapur, saya sudah bisa memasakan makanan untuk keluarga, dan tidak perlu lagi menyusahkan warga di sekitar pulau. saya juga mengucapkan terima kasih atas bantuan PKPU Human Initiative kepada kami," ungkap dia.

Sebagai informasi, PKPU Human Initiative sedang melaksanakan program 1000 Rumah Senyum untuk Lombok. Bantuan dan sumbangsih masyarakat Sulsel masih sangat dibutuhkan.


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul PKPU HI Sulsel Salurkan Bantuan Korban Gempa Lombok di Pulau Sembilan, http://www.tribunnews.com/regional/2018/09/22/pkpu-hi-sulsel-salurkan-bantuan-korban-gempa-lombok-di-pulau-sembilan.

Media Lain :


0 komentar:

Posting Komentar

Sahabat

Berlangganan Artikel

Kontak Saya

email : indrabudilegowo@gmail.com

Facebook : Indra Budi Legowo

Entri Populer Pekan Ini

Artikel Terbaru

Arsip Blog