Search

Content

Kamis, 29 Mei 2014

Sunrise di Sikunir






Ini pertama kalinya mengajak keluarga untuk mendaki dan bermalam di Gunung, walaupun sebenarnya sikunir hanya sebuah puncak bukit di yang mengelilingi Dieng, dengan ketinggian 2.300 mdpl. Sikunir terletak di desa Sembungan Dieng, disini merupakan salah satu desa penghasil minuman khas daerah pegunungan Dieng, Carica. Minuman khas dengan daging buah carica, buah yang mirip pepaya, namun hanya ada di daerah Dieng.

Puncak Sikunir adalah salah satu puncak terbaik untuk menikmati sunrise, dikelilingi oleh pemandangan menakjubkan gunung - gunung di Jawa Tengah, Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, dan gunung Ungaran. Ketika cuaca mendukung, sunrise terasa begitu menakjukan dengan awan disekelilingnya, serasa berada di tepi langit.

Sikunir bisa menjadi destinasi untuk pendaki gunung pemula, atau bagi keluarga yang ingin menikmati indahnya suasana puncak gunung, dengan jarak tempuh ke puncak hanya sekitar 30 menit. Pengunjung bisa menyewa porter untuk membawa barang-barang atau menggendong jika ada anak kecil. Di lokasi pendakian juga disediakan sewa tenda.

Untuk menuju lokasi, teman-teman bisa berhenti di alun-alun wonosobo atau terminal wonosobo untuk kemudian dilanjutkan menggunakan bus atau taksi menuju Dieng. Jika dari arah Barat, Jakarta dan sekitarnya, teman-teman bisa  naik kereta api, tujuannya adalah stasiun Purwokerto. Dari stasiun purwokerto dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum ke Terminal Purwokerto, dan dilanjutkan menggunakan bus tujuan Wonosobo. Setelah sampai wonosobo, minta turun di jalur diengan, nanti biasanya supir bus atau penumpang yang lain akan memberi tahu lokasi bus diengan.
Jika menggunakan bus dari Jakarta, bisa cari bus yang langsung tujuan wonosobo.

Kami menuju Sikunir, bertolak dari Terminal Bus Solo, menuju terminal bus Bawen Semarang, dilanjutkan dengan bus menuju Wonosobo. Karena sampai Wonosobo malam, kami menyewa mobil bak terbuka untuk menuju sikunir.


0 komentar:

Posting Komentar

Sahabat

Berlangganan Artikel

Kontak Saya

email : indrabudilegowo@gmail.com

Facebook : Indra Budi Legowo

Entri Populer Pekan Ini

Artikel Terbaru

Arsip Blog